MISTIK-1 dan MALUKU-4: “Bambu gila” dari kepulauan Maluku

Posting ini sekaligus mengawali serangkaian tulisan saya mengenai bermacam fenomena di Indonesia yang mana sampai saat ini saya tidak dapat menemukan penjelasan yang rasional. Saya tidak akan bilang bahwa ada hal gaib, tapi saya juga tidak bisa bilang tidak ada.
Saya hanya menceritakan apa yang saya lihat sendiri atau dengar dari orang-orang yang patut dipercaya (dimohon pada semua pembaca, baik yang percaya maupun tidak, hal seperti ini tidak untuk dipikirkan secara logis)
Maka dari itu, sekali lag : Saya hanya menceritakan apa yang saya lihat sendiri atau dengar dari orang-orang yang dapat dipercaya.
                                                                                          Namanya “BAMBU GILA”

Image Hosted by ImageShack.us

Highlights: Crazy Bamboo of Moluccas 

Sepertinya tempat asal ritual ini pulau Ternate itu sendiri, tempat dimana saya menyaksikannya, tapi menurut informasi, ritual ini dapat juga kita saksikan di pulau Ambon. Dan sepertinya telah disebarkan juga ke seluruh kepulauan rempah-rempah ini bahkan sebelum bangsa Portugal datang. Ritual ini pertama kali diberitakan oleh seorang Belanda, Van Hoevell pada 1875.

Image Hosted by ImageShack.us 

Sekelompok pemuda yang berjumlah tujuh orang menyiapkan sepotong bambu yang dipoles dengan sesuatu ramuan (menurut cerita upacara khusus dilakukan untuk memotong bambu tersebut). Panjang bambu 2,5-3 meter. Setelah si dukun berdoa sebentar dan membaca mantra dalam bahasa Ternate kuno,..

Image Hosted by ImageShack.us

…si dukun membawa sebuah obor yang berbau harum mendekat ke batang bambu ( biasanya setiap batang bambu diolesi dengan sepotong jahe, tapi tidak pada kesempatan kali ini) dan dengan keras berujar “Gila!”

Image Hosted by ImageShack.us

Setelah itu bambu mulai mengamuk berputar-putar, menyeret orang-orang yang terjangkau olehnya.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Pada saat pertunjukan tersebut dimainkan oleh orang-orang lokal, penonton yang skeptis akan berpikiran bahwa itu tipuan atau trik semata. Tapi ketika orang luar (termasuk orang asing dari Australia) yang tidak percaya tersebut ikut bergabung, dan pertunjukkan diulang lagi selama setengah jam, kita baru dapat melihat bahwa itu bukan sekedar trik.

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Image Hosted by ImageShack.us

Menurut kepercayaan orang Ternate, semalam sebelumnya dengan menggunakan mantra dan rempah-rempah (dalam bentuk wewangian atau jahe) dukun memanggil datang roh untuk dirasukan ke batang bambu (setelah itu batang bambu itu menjadi bertambah berat dengan cepat). Kemampuan memimpin upacara tersebut sering kali datang dengan sendirinya berupa ilham, tapi dapat juga berupa warisan pusaka turun temurun. Walaupun jimat digunakan tapi hanya sebagai tambahan.
Apa yang terpikirkan oleh saya sendiri mengenai hal itu? Jujur saja, bagi saya itu biasa saja. Menurut saya itu hanya trik yang cekatan, tapi saya juga tidak bisa menjelaskan bagaimana trik tersebut dilakukan.
Tapi sebenarnya saya pikir (ini hanya pendapat pribadi, saya tidak bermaksud membuat Anda mempercayainya) hal-hal seperti itu tercipta berdasarkan apa yang dipercayai banyak orang. Ketika banyak orang percaya sekali pada suatu hal, mereka akan menciptakan sesuatu yang mereka yakini itu.
                                                                                                             Terjemahan oleh Elzaki Hidayatullah

About these ads

Об авторе mikejkt

Russian journalist in Jakarta
Запись опубликована в рубрике BAHASA. Добавьте в закладки постоянную ссылку.

Добавить комментарий

Заполните поля или щелкните по значку, чтобы оставить свой комментарий:

Логотип WordPress.com

Для комментария используется ваша учётная запись WordPress.com. Выход / Изменить )

Фотография Twitter

Для комментария используется ваша учётная запись Twitter. Выход / Изменить )

Фотография Facebook

Для комментария используется ваша учётная запись Facebook. Выход / Изменить )

Google+ photo

Для комментария используется ваша учётная запись Google+. Выход / Изменить )

Connecting to %s